Rabu, 20 Juli 2011

BAB MENGHORMAT MAKHLUQ

BAB MENGHORMAT MAKHLUQ


oleh Habib Alwi Ba-Alawy

Bismillah walhamdulillah wassholatu wassalaamu 'alaa Rosuulillaah wa'alaa aalih waman tabi'ahum.
____
Rosululloh telah bersabda: Hubbul wathon minal iimaan: Cinta tanah air merupakan cabang dari keimanan seorang muslim.
__________


Bendera merupakan simbol negara,telah jelas dalam undang-undang pemerintah disetiap negara hingga negara saudi arabia sekalipun (yg pemerintahnya adalah orang-orang wahabi kebanyakan) bahwa siapapun yg mencela dan merusak simbol negara dengan sengaja maka ia telah mencedrai negara,dan akan mendapatkan hukuman.
___________
Hukum negara itu pun tidak bertolak belakang dg hukum agama Islam. Karena pada masa Rosululloh dan Shohabat pun, ada simbol-simbol Kekholifahan(negara) dan siapapun yg melecehkannya maka dianggap telah melecehkan negara, dan akan mendapat hukuman,bila ia menyengaja.
___________
Bila memang simbol negara itu tidak dianggap berharga bagi suatu negeri, kenapa harus ada simbol bahkan dianggap sakral, sudah cukup sajalah nama negara. Tapi kenyataannya negara manapun hingga negara-negara Islam sekalipun seperti arab saudi yg antek Inggris itu.
_______
Buktikan saja !!! jangankan simbol negara, simbol organisasi saja sangat dihargai, coba saja ada orang yg nginjak2 bendera HTI(hizbu tahrir indonesia), atau bendera PKS (partai keadilan sejahtera), bagaimana reaksi para pendukungnya/anggota organisasi tsb??? Jangankan nginjak-nginjak benderanya, plesetin saja nama organisasinya dihadapan para penggemarnya, contoh: PKS diartikan Partai Kesurupan Syetan / atau dikatakan Partai PSK, bagaimana reaksi para penggemarnya/pecintanya? Kontan pasti marah, digebukin juga iya tu orang.
__Hal ini karena CINTA. Kalo bukan karena cinta tak akan mungkin sedemikiannya simbol kebesaran itu.
___ Begitu pula saya contohkan Nama seseorang yg bernama contohnya: BUDIMAN____, bila seseorang lain bicara didepan Pak Budiman demikian: " Dasar Budiman brengsek,kacau,tukang tipu,BOROKOKOK SIAH. Bagaimana reaksi Pak Budiman atau orang-orang yg mencintai atau menghormati Pak Budiman? Karena nama itu juga simbol bagi seseorang dan harus dihargai juga. Sehingga Rosululloh berpesan agar menamai seseorang itu dg nama yg baik. Sama saja dengan simbol negara dan nama negara.
_____________________________
Bila ada orang yg tidak menghargai dg nama INDONESIA atau bendera Merah Putih atau Lambang Garuda Pancasila yg semua itu merupakan simbol kebesaran negeri kita. Kita serentak saja panggil itu orang dengan sebutan : HEI ANAK HARAM !!! Mohon maaf,apa reaksinya? Biasa-biasa sajakah? atau malah Seneng? yg saya fikir nama itu merupakan simbol seseorang. Bila tak mau pakai sebutan ANAK HARAM, coba pakai nama salah satu orang besar yg pernah hidup didunia: HEI FIRAUN!!!! atau Hei DAJJAL. maukah orang itu???
____________
Bila ada orang yg kerasukan syetan menghina negeri kita,maka saya nyatakan WAJIB bagi siapapun yg mengaku Islam,untuk memperjuangkan hingga nyawapun taruhannya untuk membela kemuliaan negeri kita yg tercinta ini. Sebagaimana Syari'at Islam mengajarkannya. Seperti saat negeri ini dijajah,banyak orang yg kerasukan syetan membelot dari negeri ini dg dalih ideologi ataupun kepentingan pribadi semata,maka saya sebut orang itu PENGKHIYANAT. Dalam kitab Fiqih disebut BUGHOT(pemberontak), dan wajib untuk menumpasnya apalagi bagi Pemerintah Indonesia yg sah.
______________________________​___________

Baiklah saya akan sedikit qiyashkan hukum menghormat pada bendera dg menghormat pada manusia. Yg kedua-duanya merupakan makhluq Alloh.

Dalam beberapa Hadits Rosululloh shollalloohu 'alaihi wa-aalih wasallam, diantaranya termaktub dlm kitab Riyadlus shoolihiin karya Imam Nawawi RA, pada Bab Istihbaabul musoofahati 'indalliqoo-i wabasyaasyatil wajhi watqbiilul yaddir rojulis shoolihi wataqbiilu waladihi wamu'anaqotul qoodiri min safarin :

Dari Sayyidah Aisyah RA beliau berkata: Tatkala Zeid bin Haritah sampai di Madinah, dan Rosululloh saat itu berada dirumahku, maka kemudian datanglah Zeid kepada Rosululloh, tatkala sampai dimuka pintu, Rosululloh pun berdiri menghormat Zeid dan menarik pakaian Zeid(dalam syarahnya yakni dlm kitab dalilul falihin juz 3 dinyatakan prilaku Rosul ini merupakan reaksi kecintaan dan kerinduan Rosululloh pada orang yg dicintainya selaku Sahabat-Nya dan rasa ketidak sabaranNya untuk mempersilakan masuk dan menghormatinya) dan Rosul pun merangkulnya dan menciuminya (masih dlm syarahnya dijelaskan hal ini disunnahkan bagi orang yg tidak dikhawatirkan ada fitnah seperti wanita yg bukan mahrom,bagi yg bukan mahrom ini maka tidak boleh).(HR.Turmudzi,Hadits Hasan).

Pada hadits ini dan beberapa hadits lainnya dinyatakan Berdiri karena menghormati itu merupakan ajaran Rosululloh. Saya tidak banyak tuliskan disini karena saat saya menulis ini,saya harus segera mengisi pengajian AHBABURROSUL.
Dan menciumi bagian tubuh seseorang pun sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan pun merupakan ajaran Rosululloh dan para Sahabat Rosul.
___________________
Masih dalam Riyadlusshoolihin atau pun Dalilul Falihin juz 3:
Diriwayatkan dari Abi Hurairoh secara MUTTAFAQ 'ALAIH (desepakati semua ahli hadits), Beliau berkata:
Baginda Nabi Shollalloohu 'alaihi wa-alihi wasallam menciumi Sayyid Hasan bin Ali RA, maka kala itu 'Aqro bin Habis berkata: Sungguh aku mempunyai anak 10 orang, tapi tak pernah saya menciumi mereka salah satu pun. Maka berkatalah Nabi shollallohu 'alaihi wa-aalih wasallam: "SIAPA ORANG YG TIDAK MEMILIKI RASA CINTA(TIDAK MAMPU MENCINTAI), MAKA IA TIDAK AKAN DICINTAI".
__________________
Masih dalam Riyadlusshoolihiin, Rosululloh bersabda:
Bila kalian (melihat) bertemu dg saudaramu yg muslim kemudian memberi salam dari kejauhan,maka jawablah disertai dg isyaroh mengangkat tangan kepanya.

Saya fikir,bila ada orang yg gak cinta negeri ini, gak menghormati negeri ini, keluar saja dari negara INDONESIA yg tercinta ini!!!!!!