Selasa, 24 Mei 2011

Doa Qunut Nazilah


Doa Qunut Nazilah


  • PDF
Hasil Bahts Masail LBM PCNU Kota Malang
Deskripsi masalah

Menurut ‘ulama Syafi’iyyah membaca qunut adalah sunah setelah ruku’ pada rakaat kedua dari pelaksanaan sholat subuh atau pada ruku’ dirakaat terakhir pada qunud nazilah yang salah satu dibaca adalah do’a tholak balak.
Pertanyaan :
a. Dengan kondisi dan situasi Indonesia di akhir zaman sekarang ini dengan berbagai balak dan musibah yang muncul apa sudah beralasan dibacakan qunut nazilah dan sampai kapan berakhirnya?
b. Ketika membaca qunut nazilah (do’a tholak balak) bagi yang membacanya lebih baik tangan ditengadahkan atau ditelungkupkan?
c. Diakhir dari qunut biasanya terdapat bacaan Sholawat Nabi apakah kita dianjurkan menjawab Sholawat tersebut?
Jawaban :
a. Sudah boleh dan layak dibacakan qunut nazilah sedangkan berakhirnya bacaan ini sampai balak dan musibah itu sudah reda atau hilang.
Dasar Pengambilan :
F Busyrol Karim bi Syarhi Masail at Ta'lim juz 1 hal 175
F Fathul Mu'in hal 50
بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم على المقدمة الحضرمية ج : 1 ص : 175
(ويقنت) من مرّ أيضا ندبا (في) اعتدال الركعة الأخيرة من (سائر المكتوبة للنازلة) اذا نزلت بالمسلمين العامة كقحط وخوف من عدوّ وجراد ومطر مضر لنحو زرع والخاصة التى في معنى العامة كاسر عالم وشجاع لتضرر المسلمين بفقدهما لما صحّ انه صلى الله عليه وسلم قنت شهرا يدعو على قاتلى اصحابه القراء يمر معونة لدفع نمردهم لاشتدارك المقتولين لتعذره وقيس في خوف العدوّ عليه.
فتح المعين ص : 50
(و) سنّ (قنوت بصبح) ..... (وبسائر مكتوبة) من الخمس في اعتدال الركعة الأخيرة ولو مسبوقا قنت مع امامه (لنازلة) نزلت بالمسلمين ولو واحدا تعدّى نقعه كأسر العالم او الشجاع وذلك للإتبعاع وسواء فيها للخوف ولو من عدوّ مسلم والقحط والوجاء.
b. Kalau dalam qunut nazilah isimya adalah untuk minta dihilangkan dari segala bala’ yang menimpa. Disunahkan untuk mengangkat telapak bagian luarnya ke atas (mentelungkupkan).
Dasar Pengambilan :
F Busyrol Karim bi Syarhi Masail at Ta'lim juz 1 hal 174
بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم على المقدمة الحضرمية ج : 1 ص : 174
و سنّ ظن دعا بتحصيل شيء ان يجعل بطن كفيه الى السماء وان دعا برفعه جعل ظهر كفيه اليهما.
c. Sholawat itu juga bagian dari do’a qunut maka yang disunahkan adalah tetap mengucap amin bagi mkmum ketika mendengarnya bacaan sholawat ini di akhir dari do’a qunut.
Sedang apabila ada makmum yang mengucap sholawat ketika mendengar nma Nabi disebut baik pada bacaan qunut ini atau bacaan surat dalam al Qur’an sholat makmum masih dihukumi sah dan boleh dengan catatan dlomir ghoib seperti صلى الله عليه وسلم tapi kalau dengan isim dlohir seperti اللهم صلّ وسلّم على محمد maka sebagian ulama mengatakan batal sholatnya sebab bisa ditengarai memindah rukun sholat (yaitu seharusnya berada di tasyahud akhir dia pindah ke tempat I’tidal + qunut).
Dasar Pengambilan :
F Hasiyah 'Ianatut Tholibin juz 1 hal 275
فتح المعين مع حاشية اعانة الطالبين ج : 1 ص : 275. مكتبة دار الكتب العلمية
(وامّن) جهرا (مأموم) سمع قنوت إمامه للدعاء منه. ومن الدعاء : الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيؤمّن لها على الأوجه.
بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم على المقدمة الحضرمية ج : 1 ص : 174
وفي العباب (فرع) : لو قرأ المصلى آية فيها اسم محمّد صلى الله عليه وسلم ندب له الصلاة عليه في الأقرب بالضمير كـ صلى الله عليه وسلم لا اللهم صلّ على محمّد للخلاف في بطلان الصلاة بنقل ركن قولى اهـ